-->

Mengendus Jejak Boli Basa Lekan - Penakluk Mitos Ile Ape

advertise here

Sudah Banyak kisah yang telah ku baca dari Buku-buku sejarah para penulis. 

Owner Negeri Paus
Gambar: Owner Negeri Paus 


Kisah tentang manusia pertama penghuni pulau ; kisah tentang suku-suku besar, kisah tentang penjaga langit, penakluk gunung dan Petualang Raja.

Namun tak pernah ku dapati cerita tertulis diatas kertas tentang kisah di tanah ku.

Adonara ; dikenal dalam penuturan sejarah tentang " Kelake adopehan" dan " kewae sode boleng ", dilain pulau pula lain ceritanya.

Dan disini dipuncak ILE APE, Akan Ku Kisahkan Penakluk kaki Langit yang melahirkan keturunan besar sampai saat dimana aku masih menulisnya.

Alkisah dahulu kala, seorang pelayar yang pemberani, penakluk samudra, penjinak angin berlayar mencari ikan dari pulau ke pulau, tibalah dia di salah satu pantai ia kemudia menggeret perahunya ke tepi Karena hari sudah mulai malam. 

Ia berencana untuk Bermalam di tepi pantai. Lelaki perkasa itu Bernama " Boli Banggala ". 

Ia terperanjat ketika melihat cahaya api dipuncak gunung ILE APE, rasa penasaran akan siapa yang membuat cahaya tersebut ia kemudian mempersiapkan bekal perjalanan dan segalah sesuatunya. 

Ia pun mulai menyusuri Hutan-hutan yang lebat, dan setelah menempuh perjalanan pendakian yg begtuh jauh, ia kemudia tiba di puncak ILE APE, disana ia bertemu dengan Seorang manusia badanya penuh dengan bulu. Lelaki itu kaget luar biasa. 

Dalam hatinya ia berkata " bukankah di dunia ini satu2nya manusia hanya aku.? ".

Manusia tersebt langsung mencoba menghindar dan berteriak " Siapa kau.?, jangan mendekat, atau akan ku makan kamu.!"

manusia itu Bernama " PENI UTANLOLON "kukunya sangat panjang dan keras, tetapi BOLI BASA LEKAN menenangkan keadan dengan mengajak mereka bertukar makanan, merekapun bertukaran makanan, namun yg disajikan "Peni utanlolon " hanyalah ; daun pepaya, ubi, cicak, tokek, ular, Burung, ayam, kalajengking, kelabang/lipan.

 Sedangkan Boli menyediakan hasil tangkapanya ; Ikan, belut, kepiting, Dan semua hasil dari laut.

Mereka mulai makan dan minum Tuak (nira), Peni Utan Lolon pun mabuk oleh tuak, Kesempatan tak dilewatkan Boli, Ia mengambil pisau dan mulai mencukur habis bulu manusia itu, setelah selesai kagetlah ia karena tenyata ia adalah seorang perempuan. Karena merasa kedinginan, Peni pun terbangun dari tidurnya ia tersadar kalau tidak ada lg bulu ldi badanya, dan hanya ada kain sarung yg boli kenakan padanya. 

Sehingga pada akhirnya mereka menjadi suami istri, dan melahirkan Keturunan yg tersebar di seluruh ILE APE. Sampai pada anaknya Yang terakhir bernama " LELU " masih ada hingga sekarang. Namun menjelma menjadi Naga..


 Wisata Rekomendasi Ekan Tukan - Ile Ape Lembata






Caleg
Contoh Gambar Caleg