-->

Mengenal Kampung Adat Namata-Sabu Raijua, NTT

advertise here
Kampung adat Namata
Gambar Kampung Adat Namata


|Negeri Paus|-Sebuah situs megalitik dengan warisan budaya yang menarik. Sabu Raijua punya destinasi wisata tradisional yang masih sangat kental dengan nuansa adat dan ritual budaya asli.

Kampung Adat Namata, sebuah area yang terdapat batu magalitik yang konon memiliki kekuatan gaib.

Bagi orang Sabu, kampung sakral dan kramat ini adalah tempat pemujaan terhadap leluhur, orang yang telah meninggal dan ritual adat lainnya. 

Kampung adat Namata merupakan salah satu kampung adat dan megalitik di Wilayah Habba. Lokasi kampung ini terletak di Desa Raeloro, kec- Sabu Barat, Kab- Sabu Raijua, NTT. 

Untuk bisa sampai ke Kampung Namata dengan cepat dan lebih praktis biasa digunakan kendaraan roda dua. Tapi juga bisa menggunakan kendaraan roda empat.

Namun, masyarakat sekitar juga menggunakan Kuda sebagai alat transportasi.

Wisatawan juga bisa menikmati perjalanan menggunakan kuda untuk sampai ke kampung ini.

Gambar Istimewah
Gambar Istimewah 

Kampung ini juga merupakan bukti sejarah peradaban kepercayaan atau agama suku yakni Jingitiu yang memuja dewa-dewa. Oleh karena itu Sabu Raijua disebut negerinya para dewa.

Dikampung ini wisatawan bisa menikmati suasana alam yang masih asri dan perkampungan yang masih memegang teguh adat dan tradisi nenek moyang.
Karena di tempat ini terdapat batu-batu megalitik yang sangat sakral maka wisatawan yang berkunjung tidak di perbolehkan untuk menyentuh batu itu dengan sembarangan atau tanpa ijin karena bisa menimbulkan penyakit atau hal buruk akan menimpa si penyentuh pada saat menggalkan kampung ini.

Keindahan dari susunan batu megalitik dan rumah adat sabu merupakan sajian yang sulit di dapatkan ditempat lain.

Batu- batu megalitik itu dipercaya masyarakat Sekitar sebagai tempat berdiamnya para leluhur atau pemangku adat dan sampai sekarang batu-batu tersebut digunakan sebagai media tempat melakukan ritual atau pemujaan kepada leluhur atau dewa-dewa yang mereka percaya. 

Tempat ini sangat direkomendasikan sebagai tempat destinasi wisata yang bagus untuk dikunjungi karna, akan sangat memberikan pengalaman yang berbeda dari biasanya ketika berkunjung ke tempat ini.

Sumber: Dari Berbagai Sumber