-->

Penyebab Vixon Old Tiba-Tiba Kelistrikan Mati Total Saat di Geber dan Tidak Bisa Hidup Lagi

advertise here

Gambar Sepeda Motor Vixon Old
Gambar: Sepeda Motor Vixon Old
Salah satu penyebab sepeda motor Vixon Old mati total saat distarter adalah ECU. ECU juga bisa menyebabkan kelistrikan pada vixon old mati total. Seperti yang dialami oleh kebanyakan orang, mereka dengan cepat mengganti ECU. Padahal belum tentu ECU bermasalah.

Sebelum membahas lebih jauh, sepeda motor vixon old ini merupakan penantang Sepeda Motor sekelas MegaPro dengan kapasitas silinder 150cc pada tahun 2007. Namun saat ini, hampir turun kelas Sepeda Motor Vixon ini.

Penyebab Motor Vixion Anda Tidak Bisa Di StarterPenyebab Motor Vixion Mati Mendadak serta Tidak Bisa di Starter

Dihimpun dari berbagai sumber terpercaya, ada banyak penyebab Sepeda Motor Vixon Old mati total yakni ECU yang rusak, Busi, Aki Soak, dan kabel kelistrikan putus.

Solusi Yang Harus Diambil 

Kunjungi teknisi sepeda motor atau bawa kebengkel terdekat anda. Namun perlu diketahui bahwa tidak semua teknisi memahami Vixion Old ini.

Pengalaman Pribadi Penyebab Sepeda Motor Vixon Old Mati Total dan Solusinya

Histori Masalah

Saat itu, saya sedang terburu-buru, sehinga sepeda motorVixon Old  ini distarter menggunakan start kaki, namun pada saat digeber Kelistrikan Mati Total dan Mesin tidak bisa dihidupkan lagi. Pokoknya semua kelistrikan mati total dan tidak ada tanda-tanda kehidupan pada Vixon Old Kesayangan saya. Setelah beberapa jam dibiarkan, akhirnya saya memberanikan diri untuk mulai mencoba untuk menemukan masalah pada motor ini.

Apa Masalahnya? 

Sayapun mulai memeriksa Busi dan memastikan busi masih mengeluarkan api. Setelah dicek ternyata busi dalam keadaan normal. Kembali saya mengecek sekring pada aki, namun skering juga dalam keadaan normal. 

Setelah sayan mengecek kedua bagian besar dan memastikan semua kabel kelistrikan dalam keadaan baik, muncul dalam pikiran saya untuk diagnosa yang pertama adalam ECU pasti bermasalah. Tanpa ragu-ragu saya mendatangi bengkel terdekat dan membeli ECU baru seharga Rp. 600.000,- Merek Nagoya.

ECU Vixon OLD
Gambar: ECU VIXON OLD

Setelah saya pasang, ternyata masih saja mati total. Saya pun merasa putus asa. Namun muncul keingin tahuan dari dalam diri saya, sehingga saya mulai meng - ON kan Kunci kontak, kemudian membongkar lampu depan vixon dan memeriksa seluruh Soket, mulai dari soket lapu sein, soket pada ijeksi, dan ketika saya menyentuh soket kunci kontak terdengar bunyi ijeksi dan tiba-tiba semua kelistrikan menyala.
Sekring dan Aki Vixon Old
Gambar: Aki dan Sekring pada Vixon Old
 Ternyata yang bermasalah hanyalah soket pada kunci kontak, tapi saya terlalu terburu-buru untuk membeli ECU. Tapi tidak apa-apa hitung-hitung, sudah ada pengganti jika nanti ECU yang lama mengalami kerusakan.

Kesimpulan

Jangan terlalu cepat untuk memvonis ECU pada vixon old, sebab biasanya masalah kelistrikan ada pada SOket yang Longgar.