-->
  • Jelajahi

    Copyright © NEGERI PAUS
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    News Today: Detik-detik Ile Lewotobi Laki-Laki di Kabupaten Flores Timur Erupsi

    NegeriPaus
    23/12/2023, December 23, 2023 WIB Last Updated 2023-12-23T02:09:09Z
    NEGERI PAUS BLOG, LEMBATA - Ile Lewotobi Laki-laki yang berada di Kabupaten Flores Timur mengalami erupsi pada 23 Desember 2023 pada pukul 07.13 Waktu Indonesia Tengah. Seperti yang terlihat pada video amatir yang sempat direkam warga, terlihat semburan abu vulkanik di puncak Ile Lewotobi Laki-laki.
    Gambar Erupsi Gunung Lewotobi Laki-laki
    Gambar Erupsi Gunung Lewotobi Laki-laki
    Sebelumnya pada tanggal 17 Desember 2023 yang lalu Status gunung Lewotobi Laki-laki dan Lewotobi Perempuan di Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT) naik dari level I (Normal) menjadi level II (Waspada).

    Seperti yang dikutp dari Kompas.com, Koordinator Pengamatan dan Penyelidikan Gunung Api, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Ahmad Basuki membenarkan adanya kenaikan status gunung ini. Menurutnya, kenaikan status gunung Lewotobi Laki-laki dan Lewotobi Perempuan menjadi level II terhitung mulai Minggu (17/12/2023) pukul 12.00 WITA. 

    "Betul (status dinaikkan)," ujar Ahmad dikonfirmasi Kompas.com, Senin (18/12/2023) (dikutip dari Kompas.com).

    Seperti yang diketahui, Ile Lewotobi Perempuan mempunyai ketinggian 1703 mdpl dan Lewotobi Laki-laki mempunyai ketinggian mencapai 1584 mdpl. 

    Puncak gunungnya sering kali aktif, sebagian besar letusan terjadi dari lubang Laki-laki yang sempat meletus pada 2003 yang berdampak pada warga dua Kecamatan di sekitar gunung.

    Warga di dua kecamatan yakni kecamatan Ile Bura dan Kecamatan Wulanggitang dihimbau agar selalu menggunakan masker dan kacamata agar supaya menghindari abu vulkanik yang dapat menyebabkan Infeksi Saluran Pernapasan.

    Simak Video amatir berikut:




    Komentar

    Tampilkan

    Terkini