-->

Apa Isi Surat Sultan Ternate kepada Raja Portugis Tahun 1522 M

advertise here
Gambar Surat Sultan Ternate Kepada Raja Portugis
Gambar Surat Sultan Ternate Kepada Raja Portugis


Surat ini ditulis oleh pegawai sekretariat kesultanan, karena saat itu Sultan masih berusia 7 tahun. 

Isi surat mungkin dapat diterjemahkan seperti berikut:

Segala Puji Bagi Allah Tuhan Semesta Alam..

Wahai Yang Maha Perkasa dan Maha Pengampun.

Tuan, saya memberi tahu Yang Mulia karena saya tahu itu akan membuat Anda sakit. Yang Mulia akan menyadari bahwa dua kapal dari kastil telah datang ke sini, yang tidak ada barang dan senjata apa pun, untuk membentengi pulau tidore, karena mereka mengatakan bahwa tempat itu ada di pihak mereka. semoga Yang Mulia sekarang menyebabkan negara Ternate dilindungi, karena itu adalah negara Yang Mulia. Kastilia memberi raja tidore empat puluh senjata dan enam puluh arquebus, dan berjanji kepadanya bahwa mereka akan datang tahun depan dengan dua puluh kapal. Satu kapal segera berlayar dengan berita ini, dan yang lainnya tetap tinggal di pelabuhan, mengatakan akan menunggu yang lain sampai mereka datang. Saya, Tuan tidak pernah mematuhi orang-orang ini dan tidak akan pernah mematuhi mereka, selama ada orang Portugis di bumi, tetapi akan hidup dan mati untuk pelayanan Yang Mulia. Oleh karena itu, tuan, sekali lagi saya memohon kepada Yang Mulia untuk melihat ke negara Ternate dan mempertahankannya, karena saya adalah anak laki-laki dan seorang yatim piatu, saya tidak mengatakan apa-apa lagi kepada Yang Mulia, kecuali saya dan negara ini adalah milik Anda. Tuan, jika dalam surat ini harus dihitung ketidaksopanan terhadap Yang Mulia, maafkan saya karena saya laki-laki dan sekarang tidak lebih baik. (*)

Sumber: Arsip nasional Torre do tombo.