Laporan Tugas Pemasaran Produk Hortikultura
Pengantar : Pasar adalah suatu tempat atau proses interaksi antara permintaan (pembeli) dan penawaran (penjual) dari suatu barang/jasa tertentu, sehingga akhirnya dapat menetapkan harga keseimbangan (harga pasar) dan jumlah yang diperdagangkan. Segmentasi pasar merupakan pembagian kelompok pembeli yang memiliki perbedaan kebutuhan. Karakteristik ataupun perilaku yang berbeda didalam suatu pasar tertentu.
Hasil Wawacara dengan
pedagang di pasar Oesapa.
Nama Penjual : Ibu .............
Komoditas yang dipasarkan: Bawang Merah
Alamat : Bimoku
Waktu Jualan : Pukul 05. 00 s/d 19.00 WITA
Hasil Survei: Berdasarkan pengamatan kami dipasar Oesapa dengan pedagang Ibu M, kami menemukan bahwa dalam measarkan bawang merah, ibu M sudah melakukan pemilahan berdasarkan ukuran. Ukuran suing bawang yang besar kemudian dipisahkan dari suing yang kecil. Alasan utama melakukan hal tersebut agar supaya.
- Lebih Untung dibandingkan dengan Dijual campur dalam Satuan Kg.
- Memenuhi kebutuhan konsumen dengan penghasilan kecil atau ( anak Kost)
Komentar : Ibu M telah melakukan segmentasi pasar dengan melakukan pemilahan berdasarkan ukuran, kami setuju dengan apa yang dilakukan ibu M karena disamping memberikan keuntungan yang diperolehnya juga dapat memenuhi permintaan konsumen terutama konsumen yang berpenghasilan kecil (anak Kost).
Nama Penjual : A
Komoditas yang dipasarkan : Wortel
- Lebih Untung
- Memenuhi kebutuhan konsumen dengan penghasilan kecil atau ( anak Kost)
Komentar : Ibu A telah melakukan segmentasi pasar dengan melakukan pemilahan berdasarkan ukuran, kami setuju dengan apa yang dilakukan A karena disamping memberikan keuntungan yang diperolehnya juga dapat memenuhi permintaan konsumen terutama konsumen yang berpenghasilan kecil (anak Kost).
Semoga Bermanfaat.!