Logo dan Moto Kunjungan Paus Fransiskus ke Indonesia Dirilis, Ini Maknanya
Pada tanggal 2-13 September 2024, Paus Fransiskus akan mengunjungi Indonesia, Papua Nugini, Timor Leste, dan Singapura dalam perjalanan apostolik-Nya.
Berikut adalah informasi tentang logo dan moto kunjungan Paus Fransiskus:
1. Logo Kunjungan ke Indonesia:
- Logo kunjungan ke Indonesia menampilkan Paus Fransiskus dengan tangan terangkat sedang memberi berkat. Latar belakangnya adalah burung "Garuda" emas yang direproduksi dengan nuansa batik.
- Peta Indonesia pada logo menunjukkan keragaman kelompok etnis, sosial, bahasa, budaya, dan agama di negara ini.
- Di sebelah kanan gambar terdapat bendera dan tulisan "Indonesia" serta nama dan logo Bapa Suci.
- Moto yang dipilih untuk kunjungan di Indonesia adalah "Faith–Fraternity–Compassion" atau "Iman-Persaudaraan-Bela Rasa".
2. Logo Kunjungan ke Papua Nugini:
- Logo kunjungan untuk Papua Nugini memiliki tiga unsur: kayu salib, burung cendrawasih, dan tulisan "Pray" (Berdoa).
- Kayu salib di tengah logo mengingatkan pada matahari terbit dan terbenam, yang menjadi ciri khas negara Oceania tersebut.
- Burung cendrawasih, simbolis Papua Nugini, juga terlihat pada logo.
- Moto perjalanan ke Papua Nugini diilhami oleh permintaan para murid kepada Yesus: "Tuhan, ajarlah kami berdoa" (Luk 11:1).
3. Logo Kunjungan ke Timor Leste:
- Pada tanggal 9-11 September 2024, Paus Fransiskus akan berada di Dili, ibu kota Timor-Leste.
- Logo perjalanan di Dili menampilkan Paus Fransiskus yang berada di tengah sedang memberikan berkat, dengan bumi di latar belakangnya, dan peta Timor-Leste muncul di latar depan.
- Moto kunjungan ditulis dalam bahasa Portugis yang berbunyi "Que a vossa fé seja a vossa cultura" dengan arti "Biarlah Imanmu Menjadi Budayamu".
Semoga kunjungan Paus Fransiskus membawa berkat dan persaudaraan bagi semua orang di wilayah ini. Red