๐๐๐๐๐๐๐๐๐ก ๐ฃ๐๐ฆ๐๐-๐ ๐๐๐๐ง๐๐ฅ:
๐๐๐๐ ๐ฃ๐๐ก๐๐๐ง๐๐๐จ๐๐ก
๐๐ ๐ฃ๐๐ก๐๐๐จ๐๐ก ๐๐ฆ๐๐๐
(Buku Materi 3: "๐๐ฆ๐ญ๐ข๐ค๐ข๐ฌ ๐๐ฆ๐ซ๐ข๐ฌ ๐๐ฆ๐ณ๐ซ๐ถ๐ฎ๐ฑ๐ข๐ข๐ฏ ๐๐ณ๐ช๐ด๐ต๐ฆ๐ฏ-๐๐ด๐ญ๐ข๐ฎ ๐๐ถ๐ญ๐ข-๐ฎ๐ถ๐ญ๐ข: ๐๐ข๐ณ๐ช ๐๐ด๐ฑ๐ฆ๐ฌ ๐๐ฐ๐ญ๐ช๐ต๐ช๐ฌ ๐๐ข๐ฎ๐ฑ๐ข๐ช ๐๐ฆ๐ฎ๐ข-๐ต๐ฆ๐ฎ๐ข ๐๐ฆ๐ฐ๐ญ๐ฐ๐จ๐ช๐ด")
แด ส. สแดแดสแดษดษข ษดแดแดส๊ฑแดษดแด
๐๐ท๐ผ๐ฝ๐ฒ๐ฝ๐พ๐ฝ๐ฎ ๐ฏ๐ธ๐ป ๐ข๐๐ป๐ฒ๐ช๐ฌ ๐๐พ๐ต๐ฝ๐พ๐ป๐ฎ ๐ข๐ฝ๐พ๐ญ๐ฒ๐ฎ๐ผ (ISCS)
๐๐ฎ๐ฒ๐ฟ๐ฎ๐ต-๐ฑ๐ฎ๐ฒ๐ฟ๐ฎ๐ต ๐๐ฟ๐ถ๐๐๐ฒ๐ป ๐๐ฒ๐ฝ๐ฒ๐ฟ๐๐ถ ๐๐ฟ๐ฎ๐พ ๐ฑ๐ฎ๐ป ๐ฆ๐๐ฟ๐ถ๐ฎ, ๐ฎ๐ฑ๐ฎ๐น๐ฎ๐ต ๐ฝ๐ฒ๐ป๐ด๐ฒ๐บ๐ฏ๐ฎ๐ป ๐ธ๐ฒ๐ฏ๐๐ฑ๐ฎ๐๐ฎ๐ฎ๐ป ๐ฑ๐ฎ๐ป ๐๐ฟ๐ฎ๐ฑ๐ถ๐๐ถ ๐ถ๐ป๐๐ฒ๐น๐ฒ๐ธ๐๐๐ฎ๐น ๐๐ฎ๐ป๐ด ๐๐ฎ๐ป๐ด๐ฎ๐ ๐๐ถ๐ป๐ด๐ด๐ถ. Pusat-pusat pengembangan pemikiran teologis falsafi telah dirintis sejak awal di daerah-daerah "Bulan Sabit Subur", al-Hilฤl al-Khashฤซb (ุงูููุงู ุงูุฎุตูุจ) ๐๐ฎ๐ป๐ด ๐ฏ๐ฒ๐ฟ๐ฏ๐ถ๐ฐ๐ฎ๐ฟ๐ฎ ๐ฑ๐ฎ๐น๐ฎ๐บ ๐ฏ๐ฎ๐ต๐ฎ๐๐ฎ ๐๐ฟ๐ฎ๐บ (๐ฆ๐๐ฟ๐๐ฎ๐ป๐ถ) ๐ถ๐๐, ๐ฑ๐ฎ๐ป ๐๐ฒ๐น๐ฎ๐ต ๐ฏ๐ฒ๐ฟ๐ต๐ฎ๐๐ถ๐น ๐บ๐ฒ๐บ๐ฎ๐ฑ๐๐ธ๐ฎ๐ป ๐ถ๐บ๐ฎ๐ป ๐๐ฒ๐บ๐ถ๐๐ถ๐ ๐ฑ๐ฎ๐ป ๐๐ฎ๐ฟ๐ถ๐๐ฎ๐ป ๐ถ๐ป๐๐ฒ๐น๐ฒ๐ธ๐๐๐ฎ๐น ๐ฌ๐๐ป๐ฎ๐ป๐ถ.
Gambar ini hanya pemanis |
Secara militer Islam memang mula-mula berhasil menaklukkan daerah-daerah tersebut, tetapi hal itu belum dibarengi dengan penguasaan pemikiran intelektual. Bahkan dalam tradisi pemikiran ilmiah, mula-mula Islam kelihatan sekali "gagap", bahkan "minder" menghadapi komunitas intelektual Kristen yang sudah mapan ratusan tahun. Tetapi hal itu tidak berlangsung lama, gerakan intelektual dalam Islam segera digalakkan untuk mengejar ketertinggalan mereka dalam ilmu pengetahuan. Kesungguhan daulah-daulah Islam itu untuk merebut ilmu pengetahuan dari komunitas Kristen itu, antara lain ditunjukkan sejak zaman Khalifah Hฤrลซn Ar-Rasyฤซd (ูุงุฑูู ุงูุฑุดูุฏ), ๐๐ฎ๐ป๐ด ๐๐ฒ๐น๐ฎ๐ต ๐บ๐ฒ๐ป๐ฑ๐ฎ๐๐ฎ๐ป๐ด๐ธ๐ฎ๐ป ๐ฏ๐ฒ๐ฟ๐ด๐ฒ๐ฟ๐ผ๐ฏ๐ฎ๐ธ-๐ด๐ฒ๐ฟ๐ผ๐ฏ๐ฎ๐ธ ๐บ๐ฎ๐ป๐๐๐ธ๐ฟ๐ถ๐ฝ ๐ฏ๐ฒ๐ฟ๐ฏ๐ฎ๐ต๐ฎ๐๐ฎ ๐ฌ๐๐ป๐ฎ๐ป๐ถ ๐ฑ๐ฎ๐ฟ๐ถ ๐๐๐๐ฎ๐ป๐๐ถ๐๐บ ๐๐ป๐๐๐ธ ๐ฑ๐ถ๐๐ฒ๐ฟ๐ท๐ฒ๐บ๐ฎ๐ต๐ธ๐ฎ๐ป ๐ธ๐ฒ ๐ฑ๐ฎ๐น๐ฎ๐บ ๐ฏ๐ฎ๐ต๐ฎ๐๐ฎ ๐๐ฟ๐ฎ๐ฏ. [¹]
Dalam rangka itulah, ๐๐ฒ๐ท๐ฎ๐ธ ๐๐ฒ๐บ๐๐น๐ฎ ๐ฑ๐ถ๐ฝ๐ฒ๐ธ๐ฒ๐ฟ๐ท๐ฎ๐ธ๐ฎ๐ป ๐ฝ๐ฎ๐ฟ๐ฎ ๐ถ๐น๐บ๐๐๐ฎ๐ป ๐๐ฟ๐ถ๐๐๐ฒ๐ป ๐๐ป๐๐๐ธ ๐บ๐ฒ๐ป๐๐ฒ๐ฟ๐ท๐ฒ๐บ๐ฎ๐ต๐ธ๐ฎ๐ป ๐ฏ๐๐ธ๐-๐ฏ๐๐ธ๐ ๐ถ๐๐. Gerakan intelektual ini berlangsung sampai abad ke-12 M, dan ๐๐ฒ๐ฟ๐ฐ๐ฎ๐๐ฎ๐ ๐ป๐ฎ๐บ๐ฎ-๐ป๐ฎ๐บ๐ฎ ๐ถ๐น๐บ๐๐๐ฎ๐ป ๐๐ฟ๐ถ๐๐๐ถ๐ฎ๐ป๐ถ, antara lain seperti: แธคunayn bin Isแธฅฤq (ุญููู ุจู ุฅุณุญุงู) atau Abลซ Zayd แธคunayn ibn Isแธฅฤq al-สฟIbฤdฤซ (ุฃุจู ุฒูุฏ ุญููู ุจู ุฅุณุญุงู ุงูุนุจุงุฏู) (wafat 873 M), yang memiliki 90 pembantu penterjemah; Qustฤ bin Lลซqฤ (ูุณุทุง ุจู ูููุง) atau Qustฤ Ibn Lลซqฤ al-Baสฟalbakkฤซ (ูุณุทุง ุจู ูููุง ุงูุจุนูุจูู) (wafat 912 M); Abลซ Bishr Mattฤ ibn Yลซnus (ุฃุจู ุจุดุฑ ู ุชู ุจู ูููุณ) atau Abลซ Bishr Mattฤ ibn Yลซnus al-Qunnฤสพฤซ (ุฃุจู ุจุดุฑ ู ุชู ุจู ูููุณ ุงูููุงุฆู) (wafat 940 M), dan masih banyak lagi. ๐ฃ๐ฎ๐ฟ๐ฎ ๐ฎ๐ฑ๐บ๐ถ๐ป๐ถ๐๐๐ฟ๐ฎ๐๐ผ๐ฟ ๐ ๐๐๐น๐ถ๐บ ๐๐ฎ๐บ๐ฝ๐ฎ๐ธ๐ป๐๐ฎ ๐บ๐ฒ๐ป๐ด๐ถ๐ป๐ด๐ถ๐ป๐ธ๐ฎ๐ป ๐ฑ๐ผ๐ธ๐๐ฒ๐ฟ-๐ฑ๐ผ๐ธ๐๐ฒ๐ฟ ๐๐ฟ๐ถ๐๐๐ฒ๐ป ๐บ๐ฒ๐ฟ๐ฎ๐๐ฎ๐ ๐บ๐ฒ๐ฟ๐ฒ๐ธ๐ฎ, sehingga khalifah-khalifah dinasti สฟAbbasiyah (ุงูุฎูุงูุฉ ุงูุนุจุงุณูุฉ | al-Khilฤfah al-สฟAbbฤsiyyah) memiliki dokter-dokter Kristen dari tahun 765 M sampai 870 M.
Penterjemahan karya-karya ilmiah ke dalam bahasa Arab dari bahasa Aram/ Suryani telah diawali sejak dinasti Ummayah (ุงูุฎูุงูุฉ ุงูุฃู ููุฉ | al-Khilฤfah al-Umawiyyah), dan ๐ฑ๐ฎ๐ฟ๐ถ ๐ธ๐ฎ๐ฟ๐๐ฎ-๐ธ๐ฎ๐ฟ๐๐ฎ ๐ฌ๐๐ป๐ฎ๐ป๐ถ ๐บ๐๐น๐ฎ๐ถ ๐ฑ๐ถ๐ฟ๐ฎ๐๐ฎ๐ธ๐ฎ๐ป ๐บ๐ฎ๐ป๐ณ๐ฎ๐ฎ๐๐ป๐๐ฎ ๐๐ฎ๐ป๐ด ๐ฏ๐ฒ๐๐ฎ๐ฟ sejak Khalifah al-Maสพmลซn (ุงูู ุฃู ูู) (813-833 M) mendirikan Bayt al-แธคikmah (ุจูุช ุงูุญูู ุฉ), "Rumah Kebijaksanaan". [²] ๐ฆ๐ฒ๐ท๐ฎ๐ธ ๐๐๐น๐ฎ๐บ ๐บ๐ฒ๐ป๐ด๐ฒ๐ป๐ฎ๐น ๐ฎ๐น๐ฎ๐บ ๐ฝ๐ถ๐ธ๐ถ๐ฟ๐ฎ๐ป ๐ฌ๐๐ป๐ฎ๐ป๐ถ ๐ถ๐๐๐น๐ฎ๐ต, ๐บ๐ฎ๐ธ๐ฎ ๐ฏ๐ฎ๐ป๐๐ฎ๐ธ ๐ด๐ฎ๐ด๐ฎ๐๐ฎ๐ป-๐ด๐ฎ๐ด๐ฎ๐๐ฎ๐ป ๐บ๐ฒ๐๐ฎ๐ณ๐ถ๐๐ถ๐ธ ๐บ๐ฎ๐๐๐ธ ๐ฑ๐ฎ๐น๐ฎ๐บ ๐ฝ๐ฒ๐บ๐ฏ๐ฎ๐ต๐ฎ๐๐ฎ๐ป ๐๐ฒ๐ผ๐น๐ผ๐ด๐ถ๐ ๐๐ฎ๐ป๐ด ๐บ๐ฒ๐ป๐ฑ๐ฎ๐น๐ฎ๐บ.
Justru dengan berangkat dari kenyataan ini, kita dapat menelusuri jejak-jejak awal perkembangan pandangan Islam mengenai Kekristenan dalam lensa bidikan yang tepat, dan "๐ฉ๐ถ๐ฃ๐ถ๐ฏ๐จ๐ข๐ฏ ๐๐ด๐ญ๐ข๐ฎ ๐ฅ๐ข๐ฏ ๐ข๐จ๐ข๐ฎ๐ข-๐ข๐จ๐ข๐ฎ๐ข ๐ญ๐ข๐ช๐ฏ ๐ช๐ต๐ถ ๐ฃ๐ฆ๐ญ๐ถ๐ฎ ๐ฃ๐ข๐ฏ๐บ๐ข๐ฌ ๐ฅ๐ช๐ฃ๐ข๐ฉ๐ข๐ด ๐ฅ๐ข๐ญ๐ข๐ฎ ๐ฃ๐ถ๐ฌ๐ถ-๐ฃ๐ถ๐ฌ๐ถ ๐ต๐ฆ๐ฐ๐ญ๐ฐ๐จ๐ช, ๐ฌ๐ฆ๐ฏ๐ฅ๐ข๐ต๐ช ๐ฉ๐ข๐ญ ๐ช๐ต๐ถ ๐ฎ๐ฆ๐ฏ๐ซ๐ข๐ฅ๐ช ๐ฑ๐ณ๐ฐ๐ฃ๐ญ๐ฆ๐ฎ ๐บ๐ข๐ฏ๐จ ๐ต๐ฆ๐ณ๐ถ๐ด-๐ฎ๐ฆ๐ฏ๐ฆ๐ณ๐ถ๐ด." [³]
Dalam perjumpaan dengan komunitas Kristiani dengan tradisi intelektualnya yang sudah mapan tersebut, mula-mula Islam berbekal pandangan yang sangat praktis, ๐๐ฒ๐ฏ๐ฎ๐ด๐ฎ๐ถ ๐ฟ๐ฒ๐ฎ๐ธ๐๐ถ๐ป๐๐ฎ ๐ฎ๐๐ฎ๐ ๐บ๐ผ๐ฑ๐ฒ๐น ๐๐ฒ๐ธ๐๐ฎ๐ฟ๐ถ๐ฎ๐ป๐ถ๐๐บ๐ฒ ๐๐ฟ๐ถ๐๐๐ฒ๐ป ๐๐ฎ๐ป๐ด ๐ฉ๐ฆ๐ต๐ฆ๐ณ๐ฐ๐ฅ๐ฐ๐ฌ๐ด (๐บ๐ฒ๐ป๐๐ถ๐บ๐ฝ๐ฎ๐ป๐ด) ๐ฑ๐ถ ๐ ๐ฒ๐ธ๐ธ๐ฎ๐ต, ๐๐ถ๐ท๐ฎ๐ ๐ฑ๐ฎ๐ป ๐๐ฒ๐ธ๐ถ๐๐ฎ๐ฟ๐ป๐๐ฎ, atau komunitas Yahudi dan Kristen di sekitar Madinah yang -- ๐ด๐ฆ๐ฌ๐ข๐ญ๐ช๐ฑ๐ถ๐ฏ ๐ฃ๐ฆ๐ณ๐ฃ๐ช๐ญ๐ข๐ฏ๐จ ๐ญ๐ถ๐ฎ๐ข๐บ๐ข๐ฏ ๐ฅ๐ช๐ฃ๐ข๐ฏ๐ฅ๐ช๐ฏ๐จ ๐๐ฆ๐ฌ๐ฌ๐ข๐ฉ -- akan tetapi masih jauh lebih sederhana ketimbang Kekristenan di daerah-daerah taklukan baru tersebut.
Di daerah-daerah baru tersebut, dihasilkan oleh umat Kristen berbagai argumentasi teologis dalam rangka menghadapi kritik Islam, ๐ฑ๐ฒ๐ป๐ด๐ฎ๐ป ๐บ๐ฒ๐ป๐๐ป๐ท๐๐ธ๐ธ๐ฎ๐ป ๐ธ๐ฒ๐๐ถ๐ฑ๐ฎ๐ธ๐ฎ๐ธ๐๐ฟ๐ฎ๐๐ฎ๐ป ๐ฏ๐ฎ๐ป๐๐ฎ๐ธ ๐๐๐ฑ๐๐ต๐ฎ๐ป ๐๐๐น๐ฎ๐บ ๐๐ฒ๐ฟ๐ต๐ฎ๐ฑ๐ฎ๐ฝ ๐ฝ๐ผ๐ธ๐ผ๐ธ-๐ฝ๐ผ๐ธ๐ผ๐ธ ๐๐บ๐ฎ๐ป ๐๐ฟ๐ถ๐๐๐ฒ๐ป ๐๐ฎ๐ป๐ด ๐ฑ๐ถ๐ธ๐ฟ๐ถ๐๐ถ๐ธ๐ป๐๐ฎ. Oleh karena itu, dalam posisi tersebut, persepsi umat Islam tentang kekristenan ๐ฉ๐ฆ๐ต๐ฆ๐ณ๐ฐ๐ฅ๐ฐ๐ฌ๐ด (menyimpang) di sekitar Mekkah yang amat sederhana itu, ketika harus dipublikasikan dalam situasi baru itu benar-benar tidak representatif. [⁴] Tetapi sebanyak argumentasi yang harus dijawabnya, Islam mulai pula mengelaborasi beberapa aspek persepsi dengan masing-masing caranya, yang diarahkan untuk melemahkan setiap argumentasi penolakan orang Kristen terhadap agama Islam, khususnya klaim kenabian Muhammad.
------------------
[¹] Harun Nasution, ๐๐ข๐ญ๐ด๐ข๐ง๐ข๐ฉ ๐ฅ๐ข๐ฏ ๐๐ช๐ด๐ต๐ช๐ด๐ช๐ด๐ฎ๐ฆ ๐ฅ๐ข๐ญ๐ข๐ฎ ๐๐ด๐ญ๐ข๐ฎ (Jakarta: Bulan Bintang, 1990), hlm.10-13.
[²] W. Montgomery Watt, ๐๐ฆ๐ซ๐ข๐บ๐ข๐ข๐ฏ ๐๐ด๐ญ๐ข๐ฎ: ๐๐ข๐ซ๐ช๐ข๐ฏ ๐๐ณ๐ช๐ต๐ช๐ด ๐ฅ๐ข๐ณ๐ช ๐๐ฐ๐ฌ๐ฐ๐ฉ ๐๐ณ๐ช๐ฆ๐ฏ๐ต๐ข๐ญ๐ช๐ด. Alih Bahasa: Hartono Hadikusumo (Yogyakarta: Tiara Wacana, 1990), hlm. 139.
[³] ๐๐ฃ๐ช๐ฅ, hlm. 136.
[⁴] W. Montgomery Watt, ๐๐ช๐ต๐ช๐ฌ ๐๐ฆ๐ฎ๐ถ ๐๐ด๐ญ๐ข๐ฎ-๐๐ณ๐ช๐ด๐ต๐ฆ๐ฏ: ๐๐ฆ๐ณ๐ด๐ฆ๐ฑ๐ด๐ช ๐ฅ๐ข๐ฏ ๐๐ข๐ญ๐ข๐ฉ ๐๐ฆ๐ณ๐ด๐ฆ๐ฑ๐ด๐ช. Alih Bahasa: Zaimuddin (Jakarta: Gaya Media Pratama, 1996), hlm. 41.