-->

๐—ž๐—˜๐—•๐—œ๐—๐—”๐—ž๐—”๐—ก ๐—ฃ๐—”๐—ฆ๐—–๐—”-๐— ๐—œ๐—Ÿ๐—œ๐—ง๐—˜๐—ฅ: ๐—”๐—Ÿ๐—œ๐—› ๐—ฃ๐—˜๐—ก๐—š๐—˜๐—ง๐—”๐—›๐—จ๐—”๐—ก ๐—ž๐—˜ ๐—ฃ๐—”๐—ก๐—š๐—ž๐—จ๐—”๐—ก ๐—œ๐—ฆ๐—Ÿ๐—”๐— 

advertise here

๐—ž๐—˜๐—•๐—œ๐—๐—”๐—ž๐—”๐—ก ๐—ฃ๐—”๐—ฆ๐—–๐—”-๐— ๐—œ๐—Ÿ๐—œ๐—ง๐—˜๐—ฅ:

๐—”๐—Ÿ๐—œ๐—› ๐—ฃ๐—˜๐—ก๐—š๐—˜๐—ง๐—”๐—›๐—จ๐—”๐—ก 

๐—ž๐—˜ ๐—ฃ๐—”๐—ก๐—š๐—ž๐—จ๐—”๐—ก ๐—œ๐—ฆ๐—Ÿ๐—”๐— 

(Buku Materi 3: "๐˜”๐˜ฆ๐˜ญ๐˜ข๐˜ค๐˜ข๐˜ฌ ๐˜‘๐˜ฆ๐˜ซ๐˜ข๐˜ฌ ๐˜—๐˜ฆ๐˜ณ๐˜ซ๐˜ถ๐˜ฎ๐˜ฑ๐˜ข๐˜ข๐˜ฏ ๐˜’๐˜ณ๐˜ช๐˜ด๐˜ต๐˜ฆ๐˜ฏ-๐˜๐˜ด๐˜ญ๐˜ข๐˜ฎ ๐˜”๐˜ถ๐˜ญ๐˜ข-๐˜ฎ๐˜ถ๐˜ญ๐˜ข: ๐˜‹๐˜ข๐˜ณ๐˜ช ๐˜ˆ๐˜ด๐˜ฑ๐˜ฆ๐˜ฌ ๐˜—๐˜ฐ๐˜ญ๐˜ช๐˜ต๐˜ช๐˜ฌ ๐˜š๐˜ข๐˜ฎ๐˜ฑ๐˜ข๐˜ช ๐˜›๐˜ฆ๐˜ฎ๐˜ข-๐˜ต๐˜ฆ๐˜ฎ๐˜ข ๐˜›๐˜ฆ๐˜ฐ๐˜ญ๐˜ฐ๐˜จ๐˜ช๐˜ด")


แด…ส€. ส™แด€แดส™แด€ษดษข ษดแดแดส€๊œฑแด‡ษดแด€

๐“˜๐“ท๐“ผ๐“ฝ๐“ฒ๐“ฝ๐“พ๐“ฝ๐“ฎ ๐“ฏ๐“ธ๐“ป ๐“ข๐”‚๐“ป๐“ฒ๐“ช๐“ฌ ๐“’๐“พ๐“ต๐“ฝ๐“พ๐“ป๐“ฎ ๐“ข๐“ฝ๐“พ๐“ญ๐“ฒ๐“ฎ๐“ผ (ISCS)


๐——๐—ฎ๐—ฒ๐—ฟ๐—ฎ๐—ต-๐—ฑ๐—ฎ๐—ฒ๐—ฟ๐—ฎ๐—ต ๐—ž๐—ฟ๐—ถ๐˜€๐˜๐—ฒ๐—ป ๐˜€๐—ฒ๐—ฝ๐—ฒ๐—ฟ๐˜๐—ถ ๐—œ๐—ฟ๐—ฎ๐—พ ๐—ฑ๐—ฎ๐—ป ๐—ฆ๐˜†๐—ฟ๐—ถ๐—ฎ, ๐—ฎ๐—ฑ๐—ฎ๐—น๐—ฎ๐—ต ๐—ฝ๐—ฒ๐—ป๐—ด๐—ฒ๐—บ๐—ฏ๐—ฎ๐—ป ๐—ธ๐—ฒ๐—ฏ๐˜‚๐—ฑ๐—ฎ๐˜†๐—ฎ๐—ฎ๐—ป ๐—ฑ๐—ฎ๐—ป ๐˜๐—ฟ๐—ฎ๐—ฑ๐—ถ๐˜€๐—ถ ๐—ถ๐—ป๐˜๐—ฒ๐—น๐—ฒ๐—ธ๐˜๐˜‚๐—ฎ๐—น ๐˜†๐—ฎ๐—ป๐—ด ๐˜€๐—ฎ๐—ป๐—ด๐—ฎ๐˜ ๐˜๐—ถ๐—ป๐—ด๐—ด๐—ถ. Pusat-pusat pengembangan pemikiran teologis falsafi telah dirintis sejak awal di daerah-daerah "Bulan Sabit Subur", al-Hilฤl al-Khashฤซb (ุงู„ู‡ู„ุงู„ ุงู„ุฎุตูŠุจ) ๐˜†๐—ฎ๐—ป๐—ด ๐—ฏ๐—ฒ๐—ฟ๐—ฏ๐—ถ๐—ฐ๐—ฎ๐—ฟ๐—ฎ ๐—ฑ๐—ฎ๐—น๐—ฎ๐—บ ๐—ฏ๐—ฎ๐—ต๐—ฎ๐˜€๐—ฎ ๐—”๐—ฟ๐—ฎ๐—บ (๐—ฆ๐˜‚๐—ฟ๐˜†๐—ฎ๐—ป๐—ถ) ๐—ถ๐˜๐˜‚, ๐—ฑ๐—ฎ๐—ป ๐˜๐—ฒ๐—น๐—ฎ๐—ต ๐—ฏ๐—ฒ๐—ฟ๐—ต๐—ฎ๐˜€๐—ถ๐—น ๐—บ๐—ฒ๐—บ๐—ฎ๐—ฑ๐˜‚๐—ธ๐—ฎ๐—ป ๐—ถ๐—บ๐—ฎ๐—ป ๐˜€๐—ฒ๐—บ๐—ถ๐˜๐—ถ๐˜€ ๐—ฑ๐—ฎ๐—ป ๐˜„๐—ฎ๐—ฟ๐—ถ๐˜€๐—ฎ๐—ป ๐—ถ๐—ป๐˜๐—ฒ๐—น๐—ฒ๐—ธ๐˜๐˜‚๐—ฎ๐—น ๐—ฌ๐˜‚๐—ป๐—ฎ๐—ป๐—ถ. 

Gambar negeri paus
Gambar ini hanya pemanis


Secara militer Islam memang mula-mula berhasil menaklukkan daerah-daerah tersebut, tetapi hal itu belum dibarengi dengan penguasaan pemikiran intelektual. Bahkan dalam tradisi pemikiran ilmiah, mula-mula Islam kelihatan sekali "gagap", bahkan "minder" menghadapi komunitas intelektual Kristen yang sudah mapan ratusan tahun. Tetapi hal itu tidak berlangsung lama, gerakan intelektual dalam Islam segera digalakkan untuk mengejar ketertinggalan mereka dalam ilmu pengetahuan. Kesungguhan daulah-daulah Islam itu untuk merebut ilmu pengetahuan dari komunitas Kristen itu, antara lain ditunjukkan sejak zaman Khalifah Hฤrลซn Ar-Rasyฤซd (ู‡ุงุฑูˆู† ุงู„ุฑุดูŠุฏ), ๐˜†๐—ฎ๐—ป๐—ด ๐˜๐—ฒ๐—น๐—ฎ๐—ต ๐—บ๐—ฒ๐—ป๐—ฑ๐—ฎ๐˜๐—ฎ๐—ป๐—ด๐—ธ๐—ฎ๐—ป ๐—ฏ๐—ฒ๐—ฟ๐—ด๐—ฒ๐—ฟ๐—ผ๐—ฏ๐—ฎ๐—ธ-๐—ด๐—ฒ๐—ฟ๐—ผ๐—ฏ๐—ฎ๐—ธ ๐—บ๐—ฎ๐—ป๐˜‚๐˜€๐—ธ๐—ฟ๐—ถ๐—ฝ ๐—ฏ๐—ฒ๐—ฟ๐—ฏ๐—ฎ๐—ต๐—ฎ๐˜€๐—ฎ ๐—ฌ๐˜‚๐—ป๐—ฎ๐—ป๐—ถ ๐—ฑ๐—ฎ๐—ฟ๐—ถ ๐—•๐˜†๐˜‡๐—ฎ๐—ป๐˜๐—ถ๐˜‚๐—บ ๐˜‚๐—ป๐˜๐˜‚๐—ธ ๐—ฑ๐—ถ๐˜๐—ฒ๐—ฟ๐—ท๐—ฒ๐—บ๐—ฎ๐—ต๐—ธ๐—ฎ๐—ป ๐—ธ๐—ฒ ๐—ฑ๐—ฎ๐—น๐—ฎ๐—บ ๐—ฏ๐—ฎ๐—ต๐—ฎ๐˜€๐—ฎ ๐—”๐—ฟ๐—ฎ๐—ฏ. [¹]


Dalam rangka itulah, ๐˜€๐—ฒ๐—ท๐—ฎ๐—ธ ๐˜€๐—ฒ๐—บ๐˜‚๐—น๐—ฎ ๐—ฑ๐—ถ๐—ฝ๐—ฒ๐—ธ๐—ฒ๐—ฟ๐—ท๐—ฎ๐—ธ๐—ฎ๐—ป ๐—ฝ๐—ฎ๐—ฟ๐—ฎ ๐—ถ๐—น๐—บ๐˜‚๐˜„๐—ฎ๐—ป ๐—ž๐—ฟ๐—ถ๐˜€๐˜๐—ฒ๐—ป ๐˜‚๐—ป๐˜๐˜‚๐—ธ ๐—บ๐—ฒ๐—ป๐˜๐—ฒ๐—ฟ๐—ท๐—ฒ๐—บ๐—ฎ๐—ต๐—ธ๐—ฎ๐—ป ๐—ฏ๐˜‚๐—ธ๐˜‚-๐—ฏ๐˜‚๐—ธ๐˜‚ ๐—ถ๐˜๐˜‚. Gerakan intelektual ini berlangsung sampai abad ke-12 M, dan ๐˜๐—ฒ๐—ฟ๐—ฐ๐—ฎ๐˜๐—ฎ๐˜ ๐—ป๐—ฎ๐—บ๐—ฎ-๐—ป๐—ฎ๐—บ๐—ฎ ๐—ถ๐—น๐—บ๐˜‚๐˜„๐—ฎ๐—ป ๐—ž๐—ฟ๐—ถ๐˜€๐˜๐—ถ๐—ฎ๐—ป๐—ถ, antara lain seperti: แธคunayn bin Isแธฅฤq (ุญู†ูŠู† ุจู† ุฅุณุญุงู‚) atau Abลซ Zayd แธคunayn ibn Isแธฅฤq al-สฟIbฤdฤซ (ุฃุจูˆ ุฒูŠุฏ ุญู†ูŠู† ุจู† ุฅุณุญุงู‚ ุงู„ุนุจุงุฏูŠ) (wafat 873 M), yang memiliki 90 pembantu penterjemah; Qustฤ bin Lลซqฤ (ู‚ุณุทุง ุจู† ู„ูˆู‚ุง) atau Qustฤ Ibn Lลซqฤ al-Baสฟalbakkฤซ (ู‚ุณุทุง ุจู† ู„ูˆู‚ุง ุงู„ุจุนู„ุจูƒูŠ) (wafat 912 M); Abลซ Bishr Mattฤ ibn Yลซnus (ุฃุจูˆ ุจุดุฑ ู…ุชู‰ ุจู† ูŠูˆู†ุณ) atau Abลซ Bishr Mattฤ ibn Yลซnus al-Qunnฤสพฤซ (ุฃุจูˆ ุจุดุฑ ู…ุชู‰ ุจู† ูŠูˆู†ุณ ุงู„ู‚ู†ุงุฆูŠ) (wafat 940 M), dan masih banyak lagi. ๐—ฃ๐—ฎ๐—ฟ๐—ฎ ๐—ฎ๐—ฑ๐—บ๐—ถ๐—ป๐—ถ๐˜€๐˜๐—ฟ๐—ฎ๐˜๐—ผ๐—ฟ ๐— ๐˜‚๐˜€๐—น๐—ถ๐—บ ๐˜๐—ฎ๐—บ๐—ฝ๐—ฎ๐—ธ๐—ป๐˜†๐—ฎ ๐—บ๐—ฒ๐—ป๐—ด๐—ถ๐—ป๐—ด๐—ถ๐—ป๐—ธ๐—ฎ๐—ป ๐—ฑ๐—ผ๐—ธ๐˜๐—ฒ๐—ฟ-๐—ฑ๐—ผ๐—ธ๐˜๐—ฒ๐—ฟ ๐—ž๐—ฟ๐—ถ๐˜€๐˜๐—ฒ๐—ป ๐—บ๐—ฒ๐—ฟ๐—ฎ๐˜„๐—ฎ๐˜ ๐—บ๐—ฒ๐—ฟ๐—ฒ๐—ธ๐—ฎ, sehingga khalifah-khalifah dinasti สฟAbbasiyah (ุงู„ุฎู„ุงูุฉ ุงู„ุนุจุงุณูŠุฉ | al-Khilฤfah al-สฟAbbฤsiyyah) memiliki dokter-dokter Kristen dari tahun 765 M sampai 870 M.


Penterjemahan karya-karya ilmiah ke dalam bahasa Arab dari bahasa Aram/ Suryani telah diawali sejak dinasti Ummayah (ุงู„ุฎู„ุงูุฉ ุงู„ุฃู…ูˆูŠุฉ | al-Khilฤfah al-Umawiyyah), dan ๐—ฑ๐—ฎ๐—ฟ๐—ถ ๐—ธ๐—ฎ๐—ฟ๐˜†๐—ฎ-๐—ธ๐—ฎ๐—ฟ๐˜†๐—ฎ ๐—ฌ๐˜‚๐—ป๐—ฎ๐—ป๐—ถ ๐—บ๐˜‚๐—น๐—ฎ๐—ถ ๐—ฑ๐—ถ๐—ฟ๐—ฎ๐˜€๐—ฎ๐—ธ๐—ฎ๐—ป ๐—บ๐—ฎ๐—ป๐—ณ๐—ฎ๐—ฎ๐˜๐—ป๐˜†๐—ฎ ๐˜†๐—ฎ๐—ป๐—ด ๐—ฏ๐—ฒ๐˜€๐—ฎ๐—ฟ sejak Khalifah al-Maสพmลซn (ุงู„ู…ุฃู…ูˆู†) (813-833 M) mendirikan Bayt al-แธคikmah (ุจูŠุช ุงู„ุญูƒู…ุฉ), "Rumah Kebijaksanaan". [²] ๐—ฆ๐—ฒ๐—ท๐—ฎ๐—ธ ๐—œ๐˜€๐—น๐—ฎ๐—บ ๐—บ๐—ฒ๐—ป๐—ด๐—ฒ๐—ป๐—ฎ๐—น ๐—ฎ๐—น๐—ฎ๐—บ ๐—ฝ๐—ถ๐—ธ๐—ถ๐—ฟ๐—ฎ๐—ป ๐—ฌ๐˜‚๐—ป๐—ฎ๐—ป๐—ถ ๐—ถ๐˜๐˜‚๐—น๐—ฎ๐—ต, ๐—บ๐—ฎ๐—ธ๐—ฎ ๐—ฏ๐—ฎ๐—ป๐˜†๐—ฎ๐—ธ ๐—ด๐—ฎ๐—ด๐—ฎ๐˜€๐—ฎ๐—ป-๐—ด๐—ฎ๐—ด๐—ฎ๐˜€๐—ฎ๐—ป ๐—บ๐—ฒ๐˜๐—ฎ๐—ณ๐—ถ๐˜€๐—ถ๐—ธ ๐—บ๐—ฎ๐˜€๐˜‚๐—ธ ๐—ฑ๐—ฎ๐—น๐—ฎ๐—บ ๐—ฝ๐—ฒ๐—บ๐—ฏ๐—ฎ๐—ต๐—ฎ๐˜€๐—ฎ๐—ป ๐˜๐—ฒ๐—ผ๐—น๐—ผ๐—ด๐—ถ๐˜€ ๐˜†๐—ฎ๐—ป๐—ด ๐—บ๐—ฒ๐—ป๐—ฑ๐—ฎ๐—น๐—ฎ๐—บ.


Justru dengan berangkat dari kenyataan ini, kita dapat menelusuri jejak-jejak awal perkembangan pandangan Islam mengenai Kekristenan dalam lensa bidikan yang tepat, dan "๐˜ฉ๐˜ถ๐˜ฃ๐˜ถ๐˜ฏ๐˜จ๐˜ข๐˜ฏ ๐˜๐˜ด๐˜ญ๐˜ข๐˜ฎ ๐˜ฅ๐˜ข๐˜ฏ ๐˜ข๐˜จ๐˜ข๐˜ฎ๐˜ข-๐˜ข๐˜จ๐˜ข๐˜ฎ๐˜ข ๐˜ญ๐˜ข๐˜ช๐˜ฏ ๐˜ช๐˜ต๐˜ถ ๐˜ฃ๐˜ฆ๐˜ญ๐˜ถ๐˜ฎ ๐˜ฃ๐˜ข๐˜ฏ๐˜บ๐˜ข๐˜ฌ ๐˜ฅ๐˜ช๐˜ฃ๐˜ข๐˜ฉ๐˜ข๐˜ด ๐˜ฅ๐˜ข๐˜ญ๐˜ข๐˜ฎ ๐˜ฃ๐˜ถ๐˜ฌ๐˜ถ-๐˜ฃ๐˜ถ๐˜ฌ๐˜ถ ๐˜ต๐˜ฆ๐˜ฐ๐˜ญ๐˜ฐ๐˜จ๐˜ช, ๐˜ฌ๐˜ฆ๐˜ฏ๐˜ฅ๐˜ข๐˜ต๐˜ช ๐˜ฉ๐˜ข๐˜ญ ๐˜ช๐˜ต๐˜ถ ๐˜ฎ๐˜ฆ๐˜ฏ๐˜ซ๐˜ข๐˜ฅ๐˜ช ๐˜ฑ๐˜ณ๐˜ฐ๐˜ฃ๐˜ญ๐˜ฆ๐˜ฎ ๐˜บ๐˜ข๐˜ฏ๐˜จ ๐˜ต๐˜ฆ๐˜ณ๐˜ถ๐˜ด-๐˜ฎ๐˜ฆ๐˜ฏ๐˜ฆ๐˜ณ๐˜ถ๐˜ด." [³]


Dalam perjumpaan dengan komunitas Kristiani dengan tradisi intelektualnya yang sudah mapan tersebut, mula-mula Islam berbekal pandangan yang sangat praktis, ๐˜€๐—ฒ๐—ฏ๐—ฎ๐—ด๐—ฎ๐—ถ ๐—ฟ๐—ฒ๐—ฎ๐—ธ๐˜€๐—ถ๐—ป๐˜†๐—ฎ ๐—ฎ๐˜๐—ฎ๐˜€ ๐—บ๐—ผ๐—ฑ๐—ฒ๐—น ๐˜€๐—ฒ๐—ธ๐˜๐—ฎ๐—ฟ๐—ถ๐—ฎ๐—ป๐—ถ๐˜€๐—บ๐—ฒ ๐—ž๐—ฟ๐—ถ๐˜€๐˜๐—ฒ๐—ป ๐˜†๐—ฎ๐—ป๐—ด ๐˜ฉ๐˜ฆ๐˜ต๐˜ฆ๐˜ณ๐˜ฐ๐˜ฅ๐˜ฐ๐˜ฌ๐˜ด (๐—บ๐—ฒ๐—ป๐˜†๐—ถ๐—บ๐—ฝ๐—ฎ๐—ป๐—ด) ๐—ฑ๐—ถ ๐— ๐—ฒ๐—ธ๐—ธ๐—ฎ๐—ต, ๐—›๐—ถ๐—ท๐—ฎ๐˜‡ ๐—ฑ๐—ฎ๐—ป ๐˜€๐—ฒ๐—ธ๐—ถ๐˜๐—ฎ๐—ฟ๐—ป๐˜†๐—ฎ, atau komunitas Yahudi dan Kristen di sekitar Madinah yang -- ๐˜ด๐˜ฆ๐˜ฌ๐˜ข๐˜ญ๐˜ช๐˜ฑ๐˜ถ๐˜ฏ ๐˜ฃ๐˜ฆ๐˜ณ๐˜ฃ๐˜ช๐˜ญ๐˜ข๐˜ฏ๐˜จ ๐˜ญ๐˜ถ๐˜ฎ๐˜ข๐˜บ๐˜ข๐˜ฏ ๐˜ฅ๐˜ช๐˜ฃ๐˜ข๐˜ฏ๐˜ฅ๐˜ช๐˜ฏ๐˜จ ๐˜”๐˜ฆ๐˜ฌ๐˜ฌ๐˜ข๐˜ฉ -- akan tetapi masih jauh lebih sederhana ketimbang Kekristenan di daerah-daerah taklukan baru tersebut.


Di daerah-daerah baru tersebut, dihasilkan oleh umat Kristen berbagai argumentasi teologis dalam rangka menghadapi kritik Islam, ๐—ฑ๐—ฒ๐—ป๐—ด๐—ฎ๐—ป ๐—บ๐—ฒ๐—ป๐˜‚๐—ป๐—ท๐˜‚๐—ธ๐—ธ๐—ฎ๐—ป ๐—ธ๐—ฒ๐˜๐—ถ๐—ฑ๐—ฎ๐—ธ๐—ฎ๐—ธ๐˜‚๐—ฟ๐—ฎ๐˜๐—ฎ๐—ป ๐—ฏ๐—ฎ๐—ป๐˜†๐—ฎ๐—ธ ๐˜๐˜‚๐—ฑ๐˜‚๐—ต๐—ฎ๐—ป ๐—œ๐˜€๐—น๐—ฎ๐—บ ๐˜๐—ฒ๐—ฟ๐—ต๐—ฎ๐—ฑ๐—ฎ๐—ฝ ๐—ฝ๐—ผ๐—ธ๐—ผ๐—ธ-๐—ฝ๐—ผ๐—ธ๐—ผ๐—ธ ๐—œ๐—บ๐—ฎ๐—ป ๐—ž๐—ฟ๐—ถ๐˜€๐˜๐—ฒ๐—ป ๐˜†๐—ฎ๐—ป๐—ด ๐—ฑ๐—ถ๐—ธ๐—ฟ๐—ถ๐˜๐—ถ๐—ธ๐—ป๐˜†๐—ฎ. Oleh karena itu, dalam posisi tersebut, persepsi umat Islam tentang kekristenan ๐˜ฉ๐˜ฆ๐˜ต๐˜ฆ๐˜ณ๐˜ฐ๐˜ฅ๐˜ฐ๐˜ฌ๐˜ด (menyimpang) di sekitar Mekkah yang amat sederhana itu, ketika harus dipublikasikan dalam situasi baru itu benar-benar tidak representatif. [⁴] Tetapi sebanyak argumentasi yang harus dijawabnya, Islam mulai pula mengelaborasi beberapa aspek persepsi dengan masing-masing caranya, yang diarahkan untuk melemahkan setiap argumentasi penolakan orang Kristen terhadap agama Islam, khususnya klaim kenabian Muhammad.


------------------

[¹] Harun Nasution, ๐˜๐˜ข๐˜ญ๐˜ด๐˜ข๐˜ง๐˜ข๐˜ฉ ๐˜ฅ๐˜ข๐˜ฏ ๐˜”๐˜ช๐˜ด๐˜ต๐˜ช๐˜ด๐˜ช๐˜ด๐˜ฎ๐˜ฆ ๐˜ฅ๐˜ข๐˜ญ๐˜ข๐˜ฎ ๐˜๐˜ด๐˜ญ๐˜ข๐˜ฎ (Jakarta: Bulan Bintang, 1990), hlm.10-13.

[²] W. Montgomery Watt, ๐˜’๐˜ฆ๐˜ซ๐˜ข๐˜บ๐˜ข๐˜ข๐˜ฏ ๐˜๐˜ด๐˜ญ๐˜ข๐˜ฎ: ๐˜’๐˜ข๐˜ซ๐˜ช๐˜ข๐˜ฏ ๐˜’๐˜ณ๐˜ช๐˜ต๐˜ช๐˜ด ๐˜ฅ๐˜ข๐˜ณ๐˜ช ๐˜›๐˜ฐ๐˜ฌ๐˜ฐ๐˜ฉ ๐˜–๐˜ณ๐˜ช๐˜ฆ๐˜ฏ๐˜ต๐˜ข๐˜ญ๐˜ช๐˜ด. Alih Bahasa: Hartono Hadikusumo (Yogyakarta: Tiara Wacana, 1990), hlm. 139.

[³] ๐˜๐˜ฃ๐˜ช๐˜ฅ, hlm. 136.

[⁴] W. Montgomery Watt, ๐˜›๐˜ช๐˜ต๐˜ช๐˜ฌ ๐˜›๐˜ฆ๐˜ฎ๐˜ถ ๐˜๐˜ด๐˜ญ๐˜ข๐˜ฎ-๐˜’๐˜ณ๐˜ช๐˜ด๐˜ต๐˜ฆ๐˜ฏ: ๐˜—๐˜ฆ๐˜ณ๐˜ด๐˜ฆ๐˜ฑ๐˜ด๐˜ช ๐˜ฅ๐˜ข๐˜ฏ ๐˜š๐˜ข๐˜ญ๐˜ข๐˜ฉ ๐˜—๐˜ฆ๐˜ณ๐˜ด๐˜ฆ๐˜ฑ๐˜ด๐˜ช. Alih Bahasa: Zaimuddin (Jakarta: Gaya Media Pratama, 1996), hlm. 41.

 
close